Apa itu Hacker ???


Apa itu Hacker ???

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.
Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe.Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Hacker pada masa ini memiliki konotasi negatif karena aksi-aksinya yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web, menyisipkan kode-kode virus dsb. Hacker menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug). Tetapi pada masa lalu,dan beberapa golongan hacker masa kini, masih mempertahankan budaya penganalisaan sistem.

Jenis – Jenis Hacker….

biasanya para hacker dibagi menjadi 2 golongan dan White Hat Hackers & Black Hat Hackers,dimana fungsi dan pekerjaan yang dilakukannya berbeda.

White hat hacker
adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer.White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

Black hat hacker
adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada hacker dalam arti ini.

Pendapat Masyarakat Tentang Hacker…..???

kalo kata seorang Hacker :

Mau coba hack tinggal tergantung dari kemauan dan perasaan jiwa nya atas keperibadianya .Jangan takut mempelajari sesuatu hal yang baru, karena dari situ ilmu security bisa didapat.


kalo kata pakar IT Roy Suryo :

Logikanya, hecker itu sama dengan pencuri. Bisa iseng bisa juga memang profesi. “Yang mengherankan, di Indonesia hecker derajatnya lebih terhormat. Bahkan sampai ada seminar bagaimana menjadi hecker,” heran Roy Suryo .


kalo kata pakar IT Onno W. Purbo :
Hacker dengan keahliannya dapat melihat & memperbaiki kelemahan perangkat lunak dikomputer; biasanya kemudian di publikasikan secara terbuka di Internet agar sistem menjadi lebih baik. Sialnya, segelintir manusia berhati jahat menggunakan informasi tersebut untuk kejahatan – mereka biasanya disebut cracker. Pada dasarnya dunia hacker & cracker tidak berbeda dengan dunia seni, disini kita berbicara seni keamanan jaringan Internet.


kalo menurut saya:

Hecker ada orang yang mau belajar tanpa memikirkan peraturan-peraturan yang sudah ada.Hacker adalah orang yang berani mencoba sesuatu hal yang baru dengan keahlian yang sudah ada mereka bisa berexplorasi didunia maya mulai dari snifiing,hack password , cardding , sampai menyusupkan virus kedalam jaringan dan lain-lain . Memang banyak sebagian orang menyebut perbuatan tercela,tapi kalo menurut saya hacker adalah orang yang mau belajar.

About these ads

6 comments on “Apa itu Hacker ???

  1. tp hecker juga khan sangat berguna buat…keamanan para perusahaan yg menginginkan tingkat keamanan yg lebih…

    tp dlm artian tdk selamanya para hecker itu jg jahat..tau bsa d blg pencuri…

    bukaanya hecker juga berguna..,
    ilmu hecker jg bisa di pelajari..untuk hal2 yg positif…dgn begitu pengetahuan jg bertambah bukan

  2. Ngapain dengerin pakar pornomatika..

    hacker itu hebat’ sebenernya yang dimaksud hacker selama ini oleh semua orang adalah cracker, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. Hanya orang bodoh macam pornomatika yang menyamakan keduanya!

  3. menurutku…. hacker tergantung orangnya. kalo ada buruknya. apa kita harus menerima juga yang buruk.
    saya lebih setuju dengan komentar pakar IT Roy Suryo

  4. Yang membenci Hecker adalah kebanyakan mereka yg pelit akan informasi dan gx seneng liat orang serba tahu dlm hal teknologi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s